Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037 || Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037

6 Tips Agar Pesisir Pantai Tidak Tercemar Sampah

BENGKULU, RR – Yar Johan, Dosen Ilmu Kelautan Perguruan Tinggi Negeri di Bengkulu yang memiliki Kosentrasi Bidang Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Termasuk Konservasi dan Ekowisata Bahari, memberikan 6 tips agar pesisir pantai tidak tercemar oleh sampah.

Sampah merupakan masalah besar, bukan hanya di Bengkulu tapi di Indonesia bahkan di Dunia. Khususnya sampah di Pantai Panjang begitu memprihatinkan yang konon merupakan salah satu destinasi ekowisata pantai kebanggan Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Keindahan Pantai Panjang Masih Tercemar Oleh Sampah

Ini adalah tugas kita bersama. Bagaimana cara mengatasi sampah di Pantai Panjang diantaranya:
1). Saatnya kita menggalakkan gaya hidup sehat tidak boleh membuang sampah sembarangan, bahwa pengelolaan sampah yang benar ternyata sangat berpengaruh pada kualitas hidup kita.

2). Untuk pencegahan saatnya pemerintah secara tegas dan berani menerapkan UU No 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah guna meminimalisir potensi masukan sampah akibat kebiasaan masyarakat membuang sampah ke pantai atau ke sungai.

3). Perlu adanya kelompok atau komunitas yg melakukan aksi-aksi kampanye peduli wilayah pesisir dan laut khususnya pantai panjang di berbagai lapisan masyarakat atau stakeholder secara aktif turun ke masyarakat untuk memonitor pembuangan sampah serta berdiskusi dengan masyarakat pesisir tentang cara penanganan sampah, contohnya kegiatan dies natalis UNIB kemarin melakukan aksi bersih pantai.

4). Perlunya sosialisasi di dunia pendidikan (sekolah dan perguruan tinggi) mengenai pengetahuan pengolahan sampah.

5). Perlunya kegiatan rutin pembersihan sampah di sepanjang pesisir khususnya pantai panjang oleh masyarakat bersama pemerintah.

6).Pengolahan sampah bisa dilakukan oleh masing-masing rumah tangga dan setiap industri dengan memilah sampah menjadi 11 kategori diantaranya sisa sayur dan buah, plastik, kain, styrofoam, kaca, keramik, logam, kertas, karet, botol kaca dan kayu.

Rencana kedepan kita, prodi Ilmu Kelautan akan membuat kawasan percontohan yang bersih dari sampah, mungkin bisa Pantai Panjang targetnya.

Ayo budayakan jaga kebersihan pantai kita. Pantai bersih, lingkungan bersih dan masyarakat akan bebas penyakit. Tentu masyarakat yang sehat dan sejahtera.

FERRY SANDRIA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: