Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037 || Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037

Baru Nunggak 1 Bulan, PLN Cabut MCB Listrik

BENGKULU, RR – Miniature Circuit Breaker (MCB) listrik di rumah kontrakan yang dihuni Sandes Saputra, warga RT 19 RW 03, Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Muara Bangkahulu, Senin (11/12) sore dicabut oleh pihak PLN. Pencabutan MCB itu dilakukan pada saat penghuni sedang tidak berada di rumah.

Diakui Sandes, tunggakan listriknya baru 1 bulan, terhitung November. Namun tunggakan itu sudah dibayar.

“Aku sadar kalau ada tunggakan 1 bulan. Tapi tadi sebelum pulang ke rumah, aku mampir dulu untuk bayar listrik. Waktu sampai di rumah listriknya tidak hidup lagi, pas dicek, MCB sudah tidak ada lagi,” kata Sandes saat ditemui di rumahnya.

Tunggakan listrik 1 bulan itu, terang Sandes, karena dirinya beberapa minggu sempat pulang ke kampung halaman. Dia baru tiba kembali di Kota Bengkulu sejak 3 hari yang lalu.

Tidak terima dengan pencabutan itu, Sandes rencananya akan melaporkan perbuatan PLN tersebut ke Ombudsman. Sebab dia merasa pencabutan paksa yang dilakukan PLN itu tidak sesuai prosedur.

Bahkan, dia akan melaporkan petugas yang melakukan pencabutan itu ke pihak Kepolisian. Sebab menurutnya, petugas yang melakukan pencabutan itu memasuki pekarangan rumahnya dan melakukan pembongkaran meteran listrik tanpa sepengetahuan dirinya.

“Setahu saya pencabutan MCB itu dilakukan kalau sudah menunggak 3 bulan, saya kan baru nunggak 1 bulan, masa langsung dicabut,” ucap Sandes.

Dikutip dari halaman detikfinance.com mengenai tahapan pencabutan listrik oleh PLN ada beberapa tahap.

Dijelaskan Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN waktu itu, Disjaya Roxy Swagerino mengatakan, ada 3 tahapan yang dilakukan PLN sebelum mencabut listrik pelanggannya. Namun ini hanya berlaku untuk pelanggan listrik pascabayar PLN saja.

Pertama, jika pelanggan listrik pascabayar menunggak tagihan listrik selama sebulan, maka PLN akan menurunkan volume listriknya dan menurunkan daya MCB (Miniature Curcuit Breaker).

Kedua, apabila pelanggan listrik pascabayar PLN menunggak tagihan listrik selama dua bulan, maka PLN akan memutuskan aliran listrik dari tiang listrik.

Ketiga, bila Pelanggan menunggak 3 bulan, maka PLN akan membongkar meterannya.

CARMINANDA

Foto utama: MCB listrik di rumah kontrakan Sandes Saputra yang dicabut PLN, Senin (11/12).

PurwantoPurwanto

3 Responses to Baru Nunggak 1 Bulan, PLN Cabut MCB Listrik

  1. Yuharuddin berkata:

    Di negara ini antara hak dan kewajiban warga negara belum seimbang, contoh kasus ini proses pencabutan MCB sangat janggal dan hak hak konsumen diabaikan, coba bila kewajiban PLN kepada konsumen seperti seingnya mati lampu dll ada laporan diabaikan, mohon kiranya menejemen PLN memperhatikan hal ini

  2. ady Gunawan berkata:

    saya juga mengalami nya hari ini,pihak petugas pln ingin langsung membongkar mcb kontrakan rusun saya di Kemayoran Jakarta Pusat,tanpa ada prosedur pemutusan terlebih dahulu,padahal saya baru menunggak 2 bulan,saya akan melaporkan hal ini ke pihak pln bandengan Jakarta,terlebih saya di mintai uang 500.000 agar tidak di copot mcb nya,dan saya berikan Rp 470.000

  3. Yudi berkata:

    Saya juga mengalami hal yang sama pada tgl 8-10-2018, MCB dikampung saya juga dicabut dengan alasan bahwasanya saya ada keterlambatan, padahal tiap tanggal 5 kami selalu melakukan pembayaran. yang dilakukan pembayaran Online.

    barangkali yang pernah mengalami untuk mengeluarkan bukti print out dari langganan pembayaran pernah bisa dishare.

    Salam,

    yudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: