Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Awan cp. 0813-2432-1238 || email. reportaserakyat62@gmail.com

Kekeruhan Air Baku IPA PDAM Surabaya Capai 42.000 NTU, Akibat Tercemarnya Sungai Bengkulu

Bengkulu, ReportaseRakyat.com – Salah satu permasalahan dihadapi instalasi pengolahan air (IPA) Surabaya PDAM Kota Bengkulu adalah tingkat kekeruhan air baku yang sangat luar biasa, bahkan kekeruhan macampai 42.000 NTU. Hal tersebut disampaikan oleh Sjobirin Hasan Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Bengkulu, saat meninjau IPA Surabaya usai pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI, Senin (17/08/20).

“Kekeruhan 42.000 NTU, sangat luar biasa terjadi sejak malam tadi. Dimana batas kemampuan kami (PDAM Kota Bengkulu) hanya bisa mengelola air baku menjadi air bersih dengan tingkat kekeruahan di bawah 1.000 NTU,” ungkap Sjobirin.

Baca juga : Wawako: Maknai HUT RI Ke-75, Semangat Optimis Jadikan Kota Bengkulu Lebih Baik

Dikatakannya, tingkat kekeruhan air baku ini terjadi merupakan persoalan eksternal dan tidak bisa diatasi oleh internal PDAM Kota Bengkulu. Penyebab kekeruhan ini dikarenakan tingkat pencemaran Sungai Bengkulu. Dengan kondisi tingkat kekeruhan yang melebihi abang batas seperti ini, tentunya akan menggangu pelayanan PDAM Koa Bengkulu kepada masyarakat.

“Untuk itu kami mohon kepada pihak-pihak tertentu untuk tetap menjaga kebersiahan sungai serta kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sebarangan ke sungai. Sekali lagi kami mohon dukungannya, pencemaran sungai untuk dihentikan. Selain PDAM Kota Bengkulu warga juga memanfaatkan air sungai ini untuk kebutuhan sehari-hari. Agar kami bisa melayani masyarakat dengan baik dan barokah,” himbau Sjobirin.

Baca juga : Kapolda Bengkulu Pimpin Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci HUT RI

Disampaikan juga oleh Sjobirin, memita maaf atas gangguan layanan yang terjadi dua minggu yang lalu. Hal ini disebabkan adanya perawatan flexible joint di IPA Nelas yang mengharuskan PDAM Kota Bengkulu menghentikan produksi total beberapa jam. Kemudian pada Jumat (14/8/20) flexible joint pecah lagi sehingga kami harus berhenti produksi total dari siang hingga malam.

“Setelah IPA Nelas selesai diperbaiki, ada kerusakan pompa di IPA Surabaya hari Senin yang penyelesaiannya hingga hari Rabu siang. Masih ada perbaikan lagi di daerah Kelurahan Semarang pipa DN 300 pecah. Semua kendala kami hadapi dan berusaha mengatasinya dengan baik demi pelayanan kepada pelanggan. Mohon doanya tidak gangguan lagi dan layanan kami segera normal,” demikian disampaikan Dirut PDAM Kota Bengkulu. (Awan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: