Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Awan cp. 0813-2432-1238 || email. reportaserakyat62@gmail.com

Minim Asesor, Akreditasi Tak Capai Target

BENGKULU, RR – Jumlah tenaga asesor akreditasi di Provinsi Bengkulu ternyata masih jauh dari ideal. Akibatnya, ratusan sekolah di Provinsi Bengkulu baik negeri maupun swasta belum terakreditasi.

Dijelaskan anggota BAP Bengkulu Budianta, selain keterbatasan asesor serta dana untuk akreditasi, sekolah juga terkadang menolak untuk diakreditasi karena minder dengan sarana dan prasarana yang dimiliki.

“Tahun lalu baru ratusan sekolah sudah terakreditasi, baik jenjang SD hingga SLTA. Sebelumnya kita telah merencanakan akan mengakreditasi sebanyak seribu lebih S/M, karena keterbatasan asesor, dana dan waktu, target tersebut belum tercapai. Sisa yang belum terakreditasi akan kita akreditasi pada tahun ini,” jelasnya.

Dalam bertugas, lanjut dia, para asesor memiliki norma-norma yang wajib dipatuhi. Diantaranya, ketika berkunjung ke sekolah kedudukannya harus kemitraan. Tidak boleh memerintahkan macam-macam. Kalau ada yang bersikap seperti itu tentu akan dievaluasi.

“Apalagi kalau menerima pemberian, tidak bakal digunakan lagi,” terangnya.

Ditambahkan, dalam setiap penugasan atau visitasi biasanya diterjunkan sebanyak dua asesor. Dan setiap tim yang beranggotakan dua orang ini maksimal hanya bisa melakukan visitasi enam sekolah.

“Asesor ini berasal dari pengawas sekolah, pengawas kementerian agama, dosen perguruan tinggi dan badan musyawarah perguruan swasta,” paparnya.

Selama ini, lanjut dia, anggaran untuk rekrutmen asesor berasal dari APBN dan APBD. Setiap tahun BAP Bengkulu mengusulkan untuk penambahan asesor, tetapi tidak selalu dipenuhi.

“Minimnya asesor ini akan menyulitkan ketika kuota akreditasinya besar,” tutupnya. (001)

adminadmin

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: