Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Awan cp. 0813-2432-1238 || email. reportaserakyat62@gmail.com

Provinsi Bengkulu Peringkat ke 2 Termiskin di Sumatera

BENGKULU, RR – Biro Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintahan Provinsi Bengkulu melaksanakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Bengkulu, selasa (6/2) di ruang Pola BAPPEDA.

Dalam rapat koordinasi kali ini membahas dan menyikapi tentang keberadaan Provinsi Bengkulu baik Nasional dan Regional, yang saat ini Provinsi Bengkulu meraih peringkat 2 Provinsi termiskin yang ada di Pulau Sumatera.

Asisten 1 Hamka Sabri selaku pimpinan rapat koordinasi mengatakan bahwasanya posisi kemiskinan Provinsi Bengkulu Nomor 9 dari 10 Provinsi yang ada di pulau Sumatera.

“Provinsi Bengkulu nomor 2 termiskin, satu tingkat di atas Provinsi Aceh. Sebelumnya Bengkulu dibawah Aceh, namun setelah hasil Survey BPS September 2017 mengalami penururunan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu dengan angka 15,59 %, hasil ini membawa Provinsi Bengkulu menjadi daerah termiskin nomor 2 di Sumatera,” ujar Hamka.

Berdasarkan rilis BPS Januari 2018 Provinsi Bengkulu berhasil menurunkan angka kemiskinan nomor 6 Tingkat Nasional dengan nilai 0,8 %.

Kabid Statistik Sosial BPS Provinsi Bengkulu, Duaksa Aritonang yang hadir pada rapat koordinasi hari ini juga mengatakan tentang data dari hasil Surve BPS periode Maret dan September 2017.

“Hasil survey yang dilakukan dengan mengukur angka kemiskinan melalui konsumsi, secara teori ekonomi untuk mengukur kemiskinan didekati lewat pengeluaran, yaitu kosumsi, baik makanan dan non makanan. Setelah diolah datanya
hingga menyebabkan munculnya angka kemiskinan yang tinggi,” papar Aritonang.

Berdasarkan data BPS, Persentase Kemiskinan Provinsi Bengkulu dengan angka 16,45 %, Kabupaten bengkulu Selatan 21,06 %, Kabupaten Rejang Lebong 16,97 %, Bengkulu Utara 13,11%, Kabupaten Kaur 21,54 %, Kabupaten Seluma 20,73 %, Kabupaten Mukomuko 12,2 %, Kabupaten Lebong 11,83 %, Kabupaten Kepahiang 15,95 %, Bengkulu Tengah 8,41 %, Kota Bengkulu 19,18.

FERRY SANDRIA

Foto: Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Bengkulu, Pola BAPPEDA. Selasa (6/2).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: