Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037 || Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037

Semua APK Harus Segera Ditertibkan

REPORTASE RAKYAT, RR – Berdasarkan mekanisme dan prosedur yang telah dikeluarkan KPU RI (Pusat) maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu juga harus meneruskan mengeluarkan surat edaran (SE) yang mutlak disampaikan pada semua Calon Legislatif (DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dan Calon Senator (DPD RI) hingga baliho APK kandidat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI.

Dikeluarkannya Surat Edaran (SE) ini menurut yang disampaikan Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, S.Ag, MM dengan tujuan mengingatkan peserta pemilu dan media massa untuk tidak melanggar peraturan kampanye dan hal-hal lainnya yang bisa mencedrai jalannya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) ini.

“Jadi selama masa tenang mulai besok Minggu 14 April hingga Selasa 16 April tim kampanye dilarang menjanjikan atau memberikan dan juga kampanye memberikan imbalan kepada pemilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya atau sebaliknya mengajak mencoblos salah satu kandidat Calon Legislatif (Caleg) dimasa tenang ini,” ungkap Irwan pada RR, Sabtu (13/4).

Ditambahkan Ketua KPU Provinsi ini, jika peserta pemilu terbukti melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan pasal 492 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

“Setiap orang dengan sengaja melakukan kampanye Pemilu di luar jadwal yang telah ditetapkan, dipidana kurungan penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12 juta. Jadi, segala bentuk alat peraga kampanye (apk) dan bahan kampanye lainnya paling tidak tanggal 13 April hari ini harus segera diturunkan,” tegas Irwan.

Berikut isi Surat Edaran (SE) KPU Provinsi Bengkulu :
1) Batas akhir tahapan kampanye yang dilaksanakan oleh peserta Pemilu tahun 2019 adalah tanggal 13 April 2019;

2) Masa tenang berlangsung selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada tanggal 14 April sampai dengan 16 April 2019;

3) Diminta kepada peserta Pemilu tahun 2019 tingkat Provinsi Bengkulu untuk membersihkan seluruh alat peraga kampanye dan bahan kampanye, menghentikan penayangan iklan kampanye di media cetak dan elektronik (televisi, radio, dan daring) serta postingan di media sosial;

4) Diminta kepada pimpinan media untuk menghentikan penayangan iklan kampanye;

5) Seluruh kegiatan kampanye tersebut sudah tidak dilaksanakan lagi terhitung mulai tanggal 14 April 2019. [ACU]

Foto: Irwan Saputra, S.Ag, MM Ketua KPU Provinsi Bengkulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: