Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Awan cp. 0813-2432-1238 || email. reportaserakyat62@gmail.com

SMAIT IQRA’, Sekolah Modern, Islami dan Berprestasi

BENGKULU, RR – Sekolah merupakan agen yang sangat penting dalam pembentukan karakter, setiap sekolah tentu memiliki cirikhas keunggulan masing-masing. Di zaman milenial sekarang ini para orangtua mendambakan agar anak-anaknya bisa sekolah yang sesuai zamannya. Orangtua yang selektif terhadap pendidikan anak-anaknya tentu menginginkan ada sekolah yang modern Islami dan berprestasi.  Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Iqra’ Kota Bengkulu di bawah Yayasan AL-Fida yang berlokasi di Jl. Merawan, Sawah Lebar, Ratu Agung Kota Bengkulu adalah sekolah tingkat atas yang modern, Islami, dan berprestasi.

SMAIT Iqra’ adalah sekolah Islam terpadu yang berada di bawah Jaringan Sekolah Islam terpadu (JSIT) Indonesia, dalam proses pembelajaran menggunakan integrasi kurikulum terutama kurikulum pemerintah kemudian dipadukan  dengan kurikulum dari Jaringan Sekolah Islam terpadu (JSIT) Indonesia.

“Kalau kurikulum pemerintah menggunakan kurikulum 2013 yang didalamnya mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter,literasi dan keterampilan abad 21. Sementara kurikulum dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) itu adalah muatan keIslaman karena sekolah Islam terpadu itukan memadukan antara konsep-konsep ilmu umum dengan muatan-muatan keagamaan khususnya agama Islam,” jelas Sutrisno, M.TPd, Kepala Sekolah SMAIT Iqra Rabu, (8/8).

Sutrisno, M.TPd mengatakan banyak sekolah Islam terpadu bermunculan tidak menggunakan kurikulum yang sesungguhnya padahal dalam proses imtaq ada internalisasi nilai-nilai keIslaman dalam proses pembelajaran yang ada dalam kurikulum nasional, artinya setiap kompetensi dasar, kompetensi inti, ada muatan-muatan keIslaman yang terkandung dalam Al-Quran, hadis, maupun sirah. Misalnya Kompetensi Dasar (KD) tentang perkembanganbiakan makhluk hidup itu nanti akan terkait dengan ayat Al-Quran yang menceritakan tentang masalah makhluk hidup, keajaiban alam semesta dan seterusnya. Ini adalah konsep sekolah Islam terpadu.

“Jadi semua sekolah Islam terpadu di bawah Jaringan Sekolah Islam terpadu (JSIT) memang memiliki ciri khas, karena saat ini banyak sekolah Islam terpadu yang bermunculan  tapi dia tidak menggunakan Sekolah Islam terpadu (SIT) yang sesungguhnya,” katanya.

Kunci suksesnya SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu menjadi sekolah yang modern, Islami dan berprestasi tidak terlepas dari kegiatan program-program keagamaan yang terus dilakukan setiap hari dalam membentuk karakter siswa-siswi di SMAIT Iqro Kota Bengkulu. Muatan-muatan Islami diberikan siswa-siswi dari kedatangan pagi hingga pulang disore hari.

“Islami itukan luas, mencakup segala aspek, baik secara moralitas, intelektualitas, profesionalitas, integritas, seluruh muatan karakter sudah tercakup dalam konsep Islami itu sendiri. Maka program-program kita dari hari Senin sampai Sabtu, dari pagi sampai sore, itu banyak diberikan muatan-muatan yang Islami. Siswa-siswi  dari kedatangan aktivitas pagi siswa-siswi langsung solat dhuha, dzikir, tilawah Qur’an, ada solat dzuhur berjamaah, solat ashar berjamaah, menghafal Al-Quran dan kegiatan-kegiatan Islam yang lainnya,” tutur Sutrisno yang juga mantan Kepala SDIT Iqra’ 1 Kota Bengkulu.

Untuk program ekstrakurikuler ada belasan ekstra untuk mengembangkan minat bakat dan potensi siswa. Meskipun sekolah baru empat tahun berdiri dan memasuki tahun kelima tetapi sudah banyak prestasi yang dihasilkan SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu dari ekstrakurikuler.

“Salah satunya dari sains, tahun ini ada yang lolos tingkat nasional dua orang, dibidang studi geografi dan kebumian, kemudian untuk riset beberapa waktu yang lalu siswa-siswi kita banyak yang menjuarai kejuaraan nasional, salah satunya itu olimpiade penelitian siswa nasional di malang kita meraih medali perunggu atau juara tiga se Indonesia, ada sastra akademi remaja kreatif Indonesia itu juga meraih juara tiga Nasional. Untuk tahun ini Bengkulu sedang berlangsung  ditunjuk sebagai tuan rumah lomba debat bahasa Inggris dan Indonesia salah satunya itu bertempat di SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu,” paparnya.

Dizaman milenial saat ini smartphone tidak menjadi momok yang menakutkan bagi perkembangan belajar siswa siswi di SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAIT Iqro Kota Bengkulu Wira Yanasari, S.Pd mengatakan pentingnya teknologi dan informasi dizaman milenial ini anak-anak tidak dilarang membawa HP dengan catatan untuk hal yang positif.

“Anak-anak kids zaman now generasi milenial sangat akrab dengan teknologi smartphone ada mungkin beberapa sekolah tidak mengizinkan membawa HP, sementara kita disini untuk memenuhi kebutuhan siswa itu kita memang mengizinkan siswa-siswi membawa HP tentunya dengan batasan-batasan tertentu dan aturan-aturan tertentu, tapi bagaimana kita memberikan kepercayaan kepada mereka agar alat-alat teknologi itu bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Dan alhamdulillah sekolah kita dilihat dari prestasi tidak ketinggalan mengikuti event tingkat nasional dan tingkat internasional,” tutupnya.

FATKUR ROHMAN

Kepala Sekolah SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu, Sutrisno, M.TPd

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: