Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Awan cp. 0813-2432-1238 || email. reportaserakyat62@gmail.com

Tak Memiliki Izin Gerak dari KSOP, Kapal Yang Membuang Batu Bara di Laut Ketahun Beroperasi Secara Liar

BENGKULU, RR – Pejabat Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bengkulu menyebutkan pengapalan batu bara milik PT. Injatama di Pelabuhan Pantai Muara Sungai Ketahun beroperasi tanpa memiliki izin olah gerak.

“Belum pernah ada usulan atau permintaan izin gerak untuk pengapalan batu bara PT. Injatama di Pelabuhan Pantai Muara Sungai Ketahun,” kata Pelaksana harian Kepala KSOP Bengkulu, Febri di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat menerima perwakilan Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kejahatan Lingkungan yang mempertanyakan izin pelabuhan dan izin gerak kapal pengangkut batu bara yang beroperasi di Desa Pasar Ketahun itu.

Kedatangan para aktivis lingkungan tersebut untuk menelusuri, kronologi penumpahan sekira 500 ton batu bara di Perairan Ketahun oleh operator kapal.

Menurut Ali Akbar penumpahan batu bara dengan alasan untuk menyelamatkan kru kapal sangat tidak masuk akal sebab jarak kapal dengan daratan hanya sekitar 50 meter.

Artinya kata dia, operator kapal dapat melompat ke bibir pantai untuk menyelamatkan diri.

“Satu-satunya alasan pembuangan itu adalah untuk menyelamatkan kapal sehingga lingkungan dikorbankan. Ternyata mereka juga beroperasi tanpa izin gerak dari KSOP, artinya liar,” kata dia.

Terkait sanksi yang dapat dikenakan terhadap operator kapal menurut Kasi Keselamatan Pelayaran KSOP Bengkulu, Ruslan adalah pencabutan izin operasi.

Koalisi masyarakat sipil sudah melaporkan penumpahan batu bara di perairan Pantai Ketahun itu ke Polda Bengkulu.

Ruslan mengatakan dirinya juga sudah diperiksa oleh penyidik Polda Bengkulu yang menangani kasus tersebut dan mengungkapkan bahwa pengapalan batu bara itu tanpa izin gerak.

Untuk diketahui beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh pihak kapal untuk mendapatkan persetujuan olah gerak dari KSOP yaitu: Surat permohonan dari agen/pemilik kapal, dokumen/sertifikat kapal masih berlaku, daftar awak/crew list dan foto copy SPB dari pelabuhan asal (JWMS/PR)

foto: Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kejahatan Lingkungan bertemu Kepala KSOP Bengkulu, Febri di Bengkulu (5/9)

One Response to Tak Memiliki Izin Gerak dari KSOP, Kapal Yang Membuang Batu Bara di Laut Ketahun Beroperasi Secara Liar

  1. […] Berdasarkan hasil tersebut, maka di duga bahwa aktivitas bongkar muat dari Pelabuhan muara sungai ketahun menuju tongkang batubara yang berada di lepas pantai tidak berizin atau illegal. http://reportaserakyat.com/daerah/tak-memiliki-izin-gerak-dari-ksop-kapal-yang-membuang-batu-bara-di… […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: