Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037 || Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037

Zacky Antony: Ingat Karya Jurnalistik untuk Kepentingan Publik

BENGKULU, RR – Salah satu narasumber Diklat Jurnalistik Angkatan IX YPRB (Yayasan Pendidikan Rakyat Bengkulu) yang juga mantan Pimpinan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Bengkulu Zacky Antony, SH, MH menyampaikan bahwa, seyogyanya karya Jurnalistik itu hanya untuk kepentingan publik.

“Perlu diingat dan digaris bawahi bahwa karya Jurnalistik itu hanya untuk kepentingan publik bukan untuk hal lainnya apa lagi intervensi dari Pemerintah. Jadi, memang harus demikian. Kebebasan Pers sangat dilindungi Undang-Undang (UU) Pers. Oleh sebab itu, jika seorang jurnalis/wartawan ketika hendak melakukan kegiatan jurnalistiknya maka ia wajib mengenalkan dirinya dengan memperlihatkan kartu identitasnya. Sangat beda jika telah kenal dan telah sama-sama tau antara narasumber dengan wartawan, namun narasumber itu belum mau berkomentar saat dimintai keterangan, maka wartawan pun juga wajib menghormatinya untuk belum bisa dipublish,” jelas Zacky dihadapan semua peserta Diklat.

Dikatakan kembali Mantan Pimpinan PWI Provinsi Bengkulu ini bahwa, menampilkan foto atau video tidak boleh ada rekayasa. Terutama di televisi, video tersebut jika biasa-biasa saja tidak dimuat namun disinilah letak kode jurnalistik yang harus mutlak dipahami bagi penggiat insan pers.

“Tidak boleh melakukan plagiat karena di era saat ini telah banyak terjadi. Jika isu-isu Nasional maka cepat sekali viral. Beritanya sama tapi media yang mempublishnya banyak. Haram hukumnya di dunia jurnalistik plagiat karya jurnalistik. Tekhnologi dimanfaatkan untuk hal negatif maka menjadi buruk dan jika dimanfaatkan secara positif maka positiflah hasil yang didapatkan, jadi seorang jurnalis/wartawan haram hukumnya untuk plagiat alias main copas (copy paste) yang bisa merusak tatanan kode etik Jurnalistiknya,” tutup Zacky. [ACU]

Foto: Zacky Antony, SH, MH, salah satu narasumber Diklat Jurnalistik Angkatan IX Tahun 2019 diselenggarakan YPRB (Yayasan Pendidikan Rakyat Bengkulu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: