Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037 || Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037

FSPPB: Pemanfaatan Panas Bumi Kuran Progresif

ReportaseRakyat.com – Potensi panas bumi atau geotermal di Indonesia sangat besar sekitar 40 persen. Tapi pemanfaatan panas bumi di negeri ini masih di bawah 7 persen. Kondisi itu sangat miris apalagi ditambah dengan kurang perhatian pemerintah untuk mengeksploitasi sumber dayanya.

Karena kondisi seperti itu, Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menggelar diskusi yang bertajuk Peran Pertamina Sebagai Lokomotif Kearifan Lokal Panas Bumi di Indonesia, di Jakarta Pusat, Selasa (22/10). Arie Gumilar Presiden FSPPB  dalam diskusi tersebut mengungkapkan perkembangan panas bumi masih di luar harapan. Padahal ketersediaan panas bumi di Indonesia berlimpah.

“Perkembangan panas bumi di tanah air masih cukup mengkhawatirkan. Dimana penguasaan pemerintah melalui tangan BUMN masih sekitar 38 persen. Di Pertamina melalui Pertamina Geotermal Energi msnguasai 34 persen dan sekitar 60 persenan dikuasai swasta,” tegas Arie.

Arie pun menyatakan, “Dalam skala energi, geotermal ini masa depan negara dan semestinya penguasaannya dikuasai negara. Karena itu kita akan dorong itu terus. Dan, pengembangan geotermal tidak sebaik yang kita harapkan. Kita tahu cadangan panas bumi di dunia 40 persen ada di Indonesia. Tapi saat ini baru dimanfaatkan kurang dari 7 persen. Harapannya punya nasionalisme yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.” (Pam)

space-Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: