Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037 || Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037

Siapa Bilang Nota Kosong Haram?

OASE, RR – Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam yang telah membimbing kita ke jalan yang benar, menunjukkan antara yang hak dan yang bathil. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita, mengampuni dosa-dosa kedua orang tua kita, mengampuni dosa-dosa pemimpin kita. Semoga Allah menerima taubat kita dari maksiat menjadi taat untuk mendapatkan rahmat dan nikmat Allah.

Seorang muslim sepatutnya menjadi orang yang bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa. Seorang muslim harus benar-benar berprilaku jujur, amanah, tidak berkhianat dan bermaksiat kepada Allah. Saya mengawali dengan judul “Siapa Bilang Nota Kosong Haram?” ada apa dengan nota kosong, pernahkah ada nota kosong? benarkah nota kosong haram? Siapakah yang mengharamkanya?

Nota dalam kamus besar bahasa Indonesia disebut surat peringatan atau surat bukti. Sedangkan nota kosong adalah secarik kertas bukti pembelanjaannya yang ada tanda merek toko atau tempat belanja yang tidak ada keterangan nama barang ataupun harga suatu barang. Pernahkah ada terlintas sebuah nota kosong dalam pikiran kita? tentu pernah dan sering kita mendengarnya bahkan tempat foto copy dan dibeberapa toko sering kita lihat ada tulisan “Tidak Menerima Nota Kosong!!!” ada yang kebetulan tanya dengan saya beberapa hari yang lalu, Pak. Saya diperintah atasan untuk mencari nota kosong karena untuk laporan bulanan dan tahunan. Bagaimana hukum nota kosong ini Pak? Lalu saya menjawab, pernahkah anda mendengar namanya mark up dalam kasus korupsi? Iya pak pernah. Jawab penanya tadi. Sesungguhnya nota kosong itu adalah praktik koruptif yang jumlahnya kecil. Inilah cikal-bakal terjadinya mark up anggaran dalam suatu proyek.

Saya katakan bahwa nota kosong adalah haram. Siapa yang mengharamkanya? Tentu hukum Islamlah yang mengharamkanya dengan tegas Allah dan rasul melarang kita berbuat manipulasi, prilaku berbohong, sikap tidak jujur, tidak amanah dan koruptif. Mari kita baca hadis di bawah ini :

Hendaklah kamu semua bersikap jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan akan membawa ke surga. Seseorang yang jujur dan mencari kejujuran akan ditulis oleh Allah sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah sikap bohong, karena kebohongan membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa ke neraka. Orang yang selalu berbohong dan mencari kebohongan akan ditulis oleh Allah sebagai pembohong (H.R.Muslim)

Perkataan nabi di atas sudah jelas dan gamblang bahwa Nabi Muhammad adalah teladan Antikorupsi. Teladan orang yang jujur, amanah, dapat dipercaya dan dapat menyampaikan kebenaran. Jika seseorang sudah belajar berbohong dengan cara memanipulasi data dengan contoh nota kosong ini maka sudah dipastikan bahwa pekerjaanya adalah haram. Orang yang memberi dan menerima sama-sama akan masuk neraka jahanam. Naudzubillah min dzalik. Semoga Allah menghindarkan kita dari perbuatan tersebut.

Dalam dunia pekerjaan maupun dunia pendidikan di sekolah-sekolah dalam praktinya sering melakukan mark up anggaran dengan cara melaporkan data  yang tidak sesuai harga. Di toko tersebut tidak pernah lebih dari satu juta namun dalam nota kosong di isi dengan dengan jumlah satu juta dalam kenyataanya ditulis tanpa fakta. Ini sudah termasuk perbuatan manipulasi 100%.

Perbuatan jujur akan membawa pada kemujuran, perbuatan tidak jujur akan membawa kehancuran. Kita baca kembali nasehat Nabi Muhammad SAW yang menyarankan kita agar antikorupsi di dalam hadisnya. Dijelaskan oleh Rasulullah SAW:

“Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu, apabila berkata, dusta; bila berjanji, mungkir; dan bila dipercaya khianat.” (H.R.Bukari)

Dalam hadis di atas jelaslah praktik nota kosong adalah haram karena termasuk dalam salah satu tiga tanda-tanda orang munafik. Menuliskan barang dan harga yang tidak sesuai dengan pembeliannya termasuk dusta. Jika kita saat bekerja disuatu instansi melakukan sudah belajar palsu memalsukan data maka sudah tentu perbuatan ini akan membawa ke neraka. Naudzubilah min dzalik. Semoga kita selalu bertaubat dari segala maksiat dan bersegera taat agar dapat mendapat rahmat dan nikmat.

Sesungguhnya Nabi Muhammad adalah teladan antikorupsi, bahkan kepada anak kecil kita harus berbuat jujur Rasulullah bersabda:

Barang siapa berkata kepada anak kecil, mari kemari, saya beri korma ini, kemudian dia tidak memberinya, maka dia telah membohongi anak itu (H.R.Ahmad)

Jangan sampai karena kita membiasakan menggunakan nota kosong kita dimasukkan Allah ke dalam neraka jahanam. Jangan sampai kita sudah tahu itu salah masih juga terus dilakukan. Jelaslah Nota Kosong adalah sikap pembohong. Maukah kita dicatat menjadi orang pembohong? Tentu tidak.

Foto copy yang menuliskan kata “tidak menerima nota kosong adalah gambaran integritas suatu toko tersebut. Allah melarang kita memberikan kesaksian palsu, di dalam ayat dengan jelas:

Dan orang-orang yang tidak memberikan kesaksian palsu (Q.S.Al Furqon).

Dari penjelasan di atas masih bertanyakah “Siapa Bilang Nota Kosong Haram?

Oleh: Fatkur Rohman, M.Pd.I (Kang Fatkur)

 

PurwantoPurwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: