Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037 || Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037

Apakah Bailout TPPI oleh Pertamina Lebih Dahsyat dari Jiwasraya ?

Oleh: Salamuddin Daeng, Pengamat Migas dan Ekonomi, AEPI

reportaserakyat.com – Jakarta, Ini mungkin lebih dahsyat dari kasus Jiwasraya, yakni kasus bailout TPPI oleh Pertamina sebagai kado Dirut Pertamia kepada Pemerintah di Tahun 2020, setelah Presiden menyerang Pertamina secara bertubi tubi. Peristiwa ini berlangsung secepat kilat, sangat tertutup dan diam diam. Tak ada yang tau pat gulipat transaksinya bagaimana? Beberapa pengamat migas saya hubungi angkat tangan tak tahu bagaimana TPPI dibayar Pertamina.

Oleh karenanya kewajiban kita untuk bertanya ? Pertanyaan terbuka soal pembelian perusahaan yang terbelit kasus mega korupsi TPPI oleh BUMN Pertamina ini. Pertanyaanya adalah ;

1. Berapa harga pembelian TPPI oleh pertamina kepada Menteri Keuangan? Apakah senilai 1,5 miliar dolar ? Sebagaimana rencana pembelian oleh Medco beberapa waktu sebelumnya ? Wuih jika benar sungguh mahal ya yang harus dibayar Pertamina pada menteri Keuangan. Nilainya mencapai 6 kali lipat dari nilai investasi awal TPPI.

2. Bagaimana dengan utang utang TPPI seperti kepada menteri keuangan, kepada SKK migas? kepada kreditor swasta, apakah semua akan menjadi tanggungan utang Pertamina yang harus dibayar Pertamina di kemudian hari?

3. Bagaimana nasib utang TPPI kepada Pertamina sendiri senilai USD 500 atau hampir satu setengah kali nilai investasi awal TPPI, apakah langsung dihapus buku? Enak juga melunasi hutang dengan cara begini? Sebagai catatan Pertamina cukup rajin memberi utang kepada pihak lain namun tak bisa ditagih. Ini murni kesalahan bisnis atau modus korupsi ?

4. Bagaimana nasib semua tunggakan kasus mega korupsi di TPPI senilai Rp.35 triliun apakah semua akan diganti atau menjadi beban Pertamina. Enak juga ya korupsi cara begini. Koruptornya swasta kabur, lalu perusahaannya disuruh beli BUMN dan kasus korupsinya jadi beban BUMN atau dihapus dari catatan kriminal kelas berat?

5. Bagaimana Pertamina membiayai TPPI ke depan. Apakah pertamina akan hutang lagi. Sementara hutang global bond saja yang dibentuk Pertamina di era dirut baru telah mencapai separuh dari utang global bond yang dibuat pertamina sepanjang era reformasi.

Sebagai catatan ; Segera setelah Nicke Widiyawati diangkat menjadi pemimpin Pertamina, perusahaan pada november 2018 menerbitkan global bond senilai USD 750 juta. Selanjutnya pada juli 2019 menerbitkan global bond senilai 2 kali USD 750 juta atau USD 1,5 miliar.

https://www.pertamina.com/en/global-bond

Selanjutnya disebutkan pertamina menerbitka cbond senilai ;750,000,000 USD

http://cbonds.com/emissions/issue/473059

Dan selanjutnya senilai 1,250,000,000 USD

http://cbonds.com/emissions/issue/27759

6. Pertanyaan terakhir apakah TPPI adalah perusahaan yang menguntungkan atau hanya tempat cuci utang BUMN dengan modus penghapusan utang? Sampai saat ini tak ada satu pihakpun yang mengumumkan berapa profit TPPI ? Dan untuk apa pertamina membelinya.

Sebagai catatan baru baru ini Perusahaan Gas Negara (PGN) melakukan kerja sama HOA meliputi penyaluran jual beli gas bumi guna memenuhi kebutuhan energi gas bumi milik TPPI yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. 

https://money.kompas.com/read/2019/08/09/165240026/tandatangani-hoa-pgn-dan-tppi-resmi-jalin-kerja-sama

Hati hatilah Jangan jangan piutang PGN nanti akan berakhir dengan penghapusan seperti nasib Pertamina? Piutang hilang. (Foto:ist)

Jakarta, Minggu, 5 Desember 2020

space-Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: