Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037 || Informasi pemasangan iklan/ banner/ running text hubungi Sony Taurus cp. 0852 7376 2037

Buat Perubahan Dengan Sociopreneur Ramah Lingkungan

OPINI, RR – Bagi sebagian orang berbisnis bukan hanya mencari keuntungan besar, melainkan juga membuat perubahan sosial untuk memajukan bangsa. Mereka kerab disapa sociopreneur.

Sejak 2018 semangat membangun usaha dengan misi sosial meningkat. Peningkatan itu diungkapkan Darmawan CEO Inspiration Solution (I-So) yang dilakukan melalui penelitian bersama seorang partnernya yaitu pa Bobby Charles.

Menciptakan dunia karya yang lebih inklusif memang jadi tujuan hampir setengah dari usaha sosial para responden, walau kebanyakan memang usaha sosial di Indonesia masih berbentuk skala kecil,” kata pa Darmawan dalam mini talkshow Social entrepreneurship atau usaha sosial di Indonesia, turut membantu pemerintah mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Istimewanya lagi, banyak dari sociopreneur mempekerjakan karaawan berbeda ras dan etnik, gender, disabilitas sehingga menciptakan dunia kerja yang lebih inklusif dan beragam.

Sayangnya, usaha-usaha ini masih menghadapi berbagai masalah, seperti pendanaan dan managemen. Akan tetapi, selalu ada jalan bagi pelaku sosial. Tak jarang mereka mendapatkan pendanaan dari investor yang memiliki kepedulian serupa. Guna mengatasi masalah manajemen itu.

Sosialpreuneur adalah kegiatan ekonomi atau bisnis yang berbasis sosial, dalam arti lain sosialpreuneur ini adalah bisnis yang dijalankan dengan menerapkan prinsip-prinsip sosial. Sosialpreuneur ini sangatlah membantu perekonommian suatu negara, sebab kegiatan bisnis memiliki mata rantaii yang sangat baik yang di mana seseorang tidak hanya mementingkan bisnisnya untuk meraih keuntungan sebsar-besarnya yang itu merupakan konsep bisnis pada umumnya, melainkan dalam sosialpreneur ini kita memiliki konsep saling membantu.

Di dalam sosialpreuneur memiliki nilai-nilai khusus, yaitu bisnis yang kita jalankan harus memiliki nilai-nilai tersebut. terdapat  4 nilai yang ada dalam sosialpreuneur, pertama nilai sosial, lingkungan masyarakat, inovasi dan kegiatan ekonomi. Melalui nilai tersebut kita bisa membedakan bisnis yang profit oriented atau bisnis pada umumnya dengan bisnis sosialprueneur yang mengedpankan nilai-nilai sosial.

Indonesia memiliki wilayah yang luas dan belakangan kerap dilanda bencana, butuh anak muda yang bergerak di bidang sosial. Untungnya kepedulian masyarakat meningkat, terbukti menjamurnya komunitas relawan dan artis yang menjadi relawan. Memang sedikit berbeda. Sociopreneur bisa mengambil bagian dalam bencana. Bukan mencari keuntungan, melainkan membantu orang lain.

“Penting bagi sebuah usaha sosial untuk menghitung dampak sosial yang dihasilkan dari usaha yang dijalankan, anak muda bisa mulai dengan menjadi peduli terhadap lingkungan.“Misalnya, kalau aku kemarin mulai bisnis karena aku sendiri ada permasalahan kesehatan dan harus selalu makan makanan sehat. Tetapi di luar dari itu akan tetap ada banyak permasalahan lagi,”.

Perkaya ilmu bisnis sosialmu Permasalahan di sekitar kita selalu ada, tapi membuat bisnis memanfaatkan itu pun tak gampang.

Oleh: Ihsan Sobari

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: